Selasa, 15 April 2014

PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN MENURUT EQUITY DAN PROSEDUR AKUNTANSI MENURUT METODE EQUITY

1. Pengertian Laporan Keuangan Konsolidasi Menurut Equity
Laporan Keuangan Menurut Equity adalah penyusunan laporan keuangan dengan memandanginvestasiperusahaan indukterhadapperusahaan anaksebagaisuatupenyertaan modal,sehinggajikaaktiva bersih perusahaan anakberubahkarenakegiatanoperasionalnya, maka secaraotomatisakanmenyebabkanperubahanpadanilaiinvestasi perusahaaninduk.
Pencatatan Investasi Saham pada perusahaan anak dengan metode Equity, didasarkan pada suatu anggapan bahwa investasi pada anak sejajar dan sama dengan investasi pada perusahaan-perusahaan cabangnya.
Alasanditerapkannyametodeequityjugadidasarkanpadasuatufaktabahwaperusahaan indukdanperusahaan anakmerupakanbagiandari suatukegiatanusaha, maka perubahan-perubahan yang terjadi didalam perubahan modal pada perusahaan anak harus diakui dan dicatat oleh perusahaan induk, dikarenakan untuk dapat mengikuti, melaporkan dan mengetahui perkembangan laporan keuangan secara lengkap.
Nilaiinvestasiperusahaan indukterhadapperusahaan anakakanmeningkatjikaperusahaan anakmemperolehLabadanakanmenurunatauberkurangnyanilainyajika perusahaan anakmenderitaRugi.
Meskipunlaporankeuangankonsolidasidenganhasilpenerapanmetodeekuitasininantinyaakansamadenganpenerapanmetodecostnamunlembarkerjakonsolidasibesertajurnaluntukpenyesuaiandaneliminasiakanberbeda.Dan tetapharusmemperhatikanpengaruhperubahan modalperusahaan anakterhadaphakpemilikanperusahaan induk.

-          Adapunbeberapaperkiraan (account) yang perludiperhatikandalamlaporankeuangankonsolidasimenurut equity antara lain :

1.      PerkiraanInvestasiSahamdalamperusahaan anak
Yangakanberubahjumlahnyaapabilaperusahaan anakmelaporkanadanyalaba rugiataupembagiandeviden.


2.      PerkiraanKas ”
Akanberubahjumlahnyaapabilaperusahaan indukmenerimapembagiandividenataupembeliansahammilikperusahaan anak.

3.      PerkiraanPiutangdevidenperusahaan anak
Yang timbulkarenaperusahaanmengumumkandividennamunbelumdibayar.Perkiraaniniharusdihapuskanapabilatelahdibayartunai.

4.      Perkiraan“  Laba yang ditahanperusahaan induk  “
Akanberubahjumlahnyaapabilaperusahaan anakmelaporkanadanya Rugi/Laba.Selainituakanberubahjugakarenaadanya Rugi/Laba milikperusahaan induk itusendiri.

5.      PerkiraanLaba yangditahanperusahaan anak  “
Akan berubahjumlahnyaapabilaada Rugi/Laba pada saat pembagiandividenpadaperusahaan anak itusendiri.

Perkiraan-perkiraan yang dijelaskandiatas,  dalamsuatukertaskerja ( worksheet) penyusunanlaporankeuangankonsolidasiharussudahmenunjukansaldoakhirpadalaporankeuangankonsolidasi, yang artinyasudahdiperhitungkanapabilaterjadiperubahan-perubahan.


2.      ProsedurAkuntansiMenurutMetodeEquity

Dalampenerapanakuntansipastiadasuatuprosedur-prosedur yang harusdilakukanterlebihdahulu.
Beberapa hal dalampenerapanprosedurakuntansimenurutmetodeequity, yaitu :
        Metodeequitypadadasarnyasejalandenganpendekatanakuntansi yang digunakanpadapenyiapanlaporankeuangankonsolidasi. Perusahaan indukdan investee yang dikendalikandiperlakukansebagaibagiandarisatukesatuan yang terpadu.
        Meskipundarisegihukumperusahaanindukdibedakandariperusahaananak, namunakuntansinyadidasarkanpadahubunganekonomi di antarakeduanya.
        Penggunaanmetode equity membutuhkanprosedurakuntansi.
Secara garis besar hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam prosedur pencatatan investasi menggunakan metode equity, yaitu :
·         Rugi dan Laba bersih perusahaan
OlehkarenaRugi/Labaperusahaananakdapatmerubahkekayaandalamlaba yang ditahanperusahaananakmakasesuaidenganpengertiannyamakasetiapperusahananakmendapatkanrugi/labamakaperusahaanindukakanmengakuidanmencatatnyasebagaiberikut :
§  JikaLaba makaperusahaanindukakanmencatat rekening debit “InvestasiSahamPada Perusahaan Anak”denganrekeningkreditLaba Yang Ditahan (LYD).
§  Jikarugi maka perusahaanindukakanmengkreditrekening“InvestasiSahamPada Perusahaan Anak”danmendebetrekening“Laba Yang Ditahan (LYD)”

·         Dividenyang dibagikan oleh perusahaan

Dari sisiperusahaananakpembagianDevidenakanmengurangisaldoLaba Yang Ditahan, sedangkanpadaperusahaanindukdenganpembagiandevideniniakanmendapatperubahanbentukdarikekayaan yang semulaberupahakataslabaperusahaananak (InvetasiSaham Perusahaan Anak) kedalambentukkekayaan yang lain (Kas/PiutangDeviden).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar